Rabu, 20 Mei 2015

model pembelajaran tematik



Shared Model
                Model shared adalah organisasi kurikulum dan pembelajaran yang melibatkan dua mata pelajaran.Model  shared berbasis pada pemikiran berbagai ide yang tumpang tindih (overlaving)yang ada pada mata pelajaran.ide berupa konsep,skill,dan sikap yang tumpang tindih selanjutnya dijadikan dasar untuk materi pembelajaran.cara ini analogi dengan kita memandang objek jauh menggunakan teropong binokular yang menggunakan dua lensa.dimana kejelasan pandangan akan tercapai ketika dua pandangan atas suatu objek yang sama,yang tertangkap oleh masing-masing lensa,dipadukan menjadi satu tangkapan pandangan atas objek tersebut sehingga pandangan yang tadinya samar dan terpisah menjadi bersatu dan jelas.
                Contoh,pada mata pelajaran ips ada tema alat-alat transportasi,kemudian pada mata pelajaran ipa dan bahasan tentang macam-macam gerak.dalam kedua mata pelajaran tersebut terdapat tema yang overlapping yaitu ‘gerak’.konsep gerak ini selanjutnya dijadikan payung tau pengorganisasian materi pelajaran,untuk membahas kedua tema pelajaran tersebut.
                Sekilas model shared ini mirip dengan pendekatan tematik,namu fogarty menjelaskan,bahwa model ini berbeda dengan model tematik,karena dalam model shared pemusatan perhatian(fokus)diambil dari dalam mata pelajaran yang dipadukan .sedangkan model tematik pemusatan diambil dari luar mata pelajaran.
                Model shared lebih cocok digunakan pada mata –mata pelajaran yang dikelompokan –kelompokan secara luas,misalnya ips yang terdiri dari gabungan beberapa disiplin ilmu(ekonomi,sejarah,geografi)dan sebagainya.
                Di bawah ini disajikan ilustrasi integrasi model shared.selanjutnya akan dibahas jenis integrasi model terjala(webbed).

Dosen : Dirgantara Wicaksono 
Mata Kuliah : Pengmbangan Pembelajaran PKN 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar