Pengertian Strategi
Pembelajaran dan Macamnya
Tantangan yang dihadapi oleh para
penggerak dunia pendidikan saat ini semakin banyak. salah satunya adalah
perubahan atmosfer dunia pendidikan yang sebagian besar dipengaruhi oleh adanya
perkembangan teknologi yang akan terus terjadi. Perlu untuk anda simak bahwa
selain memberi dampak yang baik bagi peningkatan kualitas pembelajaran ternyata
perkembangan teknologi ini juga memberikan efek samping yang kurang baik bagi
dunia pendidikan terutama jika menyangkut tentang penyalahgunaan yang terjadi
di lingkungan peserta didik. Karenanya dalam menyampaikan pelajaran dan
menjawab tantangan perkembangan teknologi yang terjadi, seorang tenaga pendidik
haruslah aktif dalam mengikuti perkembangan tersebut dan memikirkan strategi
pembelajaran yang baik untuk para peserta didik yang dimilikinya.
Strategi pembelajaran merupakan cara atau metode yang digunakan untuk melakukan
pengajaran yang baik dan efektif yang diantaranya terbagi menjadi:
- Yang pertama adalah strategi pembelajaran secara langsung. Dalam hal ini para guru merupakan pemeran utama dalam penyampaian materi ajaran
kepada para peserta didik. Yang dengannya para guru harus
aktif memberikan materi secara langsung. untuk strategi pembelajaran seperti ini bersifat
deduktif.
· Berbeda dengan
strategi pembelajaran langsung maka yang selanjutnya adalah strategi
pembelajaran tidak langsung. Dalam strategi pembelajaran seperti ini lebih
dipusatkan pada para siswa yakni guru hanya berperan sebagai fasilitator yang
bertugas mengelola lingkungan kondusif saat pembelajaran berlangsung.
· Selanjutnya ada strategi
pembelajaran interaktif. Strategi ini menekankan komunikasi yang terjalin
antara para peserta didik dengan peserta didik yang lainnya maupun antara
peserta didik dengan guru melalui kegiatan diskusi dan sharing untuk memecahkan
sebuah permasalahan. Kelebihan dari strategi ini adalah mengajak peserta didik
untuk lebih aktif dan peka terhadap setiap permasalahan yang dibahas dalam
pembelajaran tersebut.
· Yang keempat adalah
strategi pembelajaran empiric, ini merupakan sebuah strategi pembelajaran yang
lebih menekankan aktivitas yang dilakukan oleh para peserta didik selama masa
pembelajaran.
· Terakhir untuk
melengkapi terdapat strategi pembelajaran mandiri yang dengannya bertujuan
untuk meningkatkan potensi masing-masing peserta didik serta mengakomodir
inisiatif yang mereka miliki untuk mengembangkan dirinya sendiri.
Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya berikan tentang strategi pembelajaran yang baik untuk diterapkan pada peserta didik di atas, semoga memberi banyak manfaat bagi anda.
Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya berikan tentang strategi pembelajaran yang baik untuk diterapkan pada peserta didik di atas, semoga memberi banyak manfaat bagi anda.
Dosen : Dirgantara Wicaksono
Mata Kuliah : Pengembangan Pembelajaran PKN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar