Senin, 15 Juni 2015

artikel meningkatkan IQ anak melalui membaca



MENINGKATKAN IQ ANAK MELALUI MEMBACA
ABSTRAK
Penulisan ini bertujuan untuk : 1) mengetahui IQ kreatif anak melalui membaca, 2) mengetahui mengapa perlu meningkatkan IQ kreatif anak, 3)mengetahui mengapa membaca merupakan cara meningkatkan IQ anak, 4) mengetahui cara – cara membaca yang bik yang dapat meningkatkan IQ kreatif anak. Melalui pengkayaan membaca, menjadikan daya pikir (IQ) kita meningkat karena masukan tambahan informasi, pengetahuan yang meningkatkan kreatifitas karena memori anak bertambah. Membaca ini tidak hanya membaca buku pelajaran saja, akan tetapi membaca semua buku yang ada seperti : komi, majalah, Koran. Karena dengan membaca berbagai jenis buku bacaan itu, wawasan anak akan lebih berkembang.
Kata kunci : IQ Kreatif
PENDAHULUAN
Pada tataran kehidupan saat ini untuk bisa hidup survival diperlukan kecerdasan dan kreativitas yang tinggi. anak yang memiliki kecerdasan (kognitif) yang tinggi, tetapi kurang atau tidak kreatif tidaklah menjamin hidupnya kelak akan sukses menumbuhkan kreatifitas pada diri individu anak tidak dapat dilakukan secara merta-merta. Orang yang mempunyai IQ kreatif tinggi sering disebut creator. Ciri-ciri orang mempunyai adalah selalu mempunyai rasa ingin tahu, ingin mencoba-coba, suka bertualang, suka bermain-main, serta intutif.
Keterampilan membaca merupakan keterampilan belajar pertama dan utama yang harus dikuasai seorang pelajar, termasuk anak-anak. Keampuhan membaca dapat kita rasakan dengan berkobarnya gagsan dan upaya kreatif setelah seseorang selesai membaca. Banyak sekali manfaat membaca yang akan membuat anak mengalami kemajuan di segala bidang, termasuk kreatifitasnya untuk itu, orang tua unggul perlu menciptakan kondisi anak menjadi gemar membaca. Agar IQ kreatif anak menjadi meningkat melalui membaca. Sebab, anak  merupakan generasi penerus sebagai tumpuan, keluarga, bangsa dan Negara.
METODE
Dalam penulisan artikel ini, metode yang digunakan adalah studi pustaka. Yaitu teknik pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, litertur-litertu, catatan-catatan yang ada hubungannya dengan masalah yang dipecahkan.
HASIL DAN PEMBAHASAN
IQ adalah hasil pengukuran tingkat kecerdasan seseorang . menurut pakar bidang bidang sains dan teknologi, tingkat kecerdasan dan kreativitas yang tinggi pada seseorang menjadi modal utama untuk bisa melakukan perekayasaan dan penguasaan teknologi. IQ lebih menekankan tinjauannya pada objek-objek diluar diri manusia.
Kreatifitas merupakan
Kecerdasan termasuk kecerdasan kreatif (IQ kreatif) penting diperhatikan mengingatkan peranannya yang sangat menentukan bagi kesuksesan seseorang. Sebetulnya kegiatan membaca tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar. Dalam benak orang, keterampilan membaca merupakan keterampilan belajar yang pertama dan utama yang harus dikuasai. Untuk itum orang tua yang berkehendak meningkatkan IQ kreatif anaknya membimbing dan mengondisikan anaknya untuk menjadikan belajar dan membaca sebagai kebiasaan. Sebab, belajar dan membaca dapat dikatakan sebagai pintu gerbang dalam pencapaian IQ kreatif yang tinggi.
Membaca merupakan kegiatan belajar seseorang yang paling banyak memakan waktu dan memerlukan pemikiran sepenuhnya. The Liang Gie (2000) menekankan kepada setiap pelajar agar membudayakan membaca semua buku yang baik tanpa kecuali. Menurutnya, hal itu akan berguna walau ia sudah lulus dan terjun ke tengah-tengah kehidupan masyarakat. Menurut (The LiangGie, 2000; Ayan, 2002) disebutkan ada lima gaya membaca yang dapat dilakukan seseorang yaitu : (1) membaca secara ngemil, (2) membaca secara mendalam, (3) membaca ragam hiburan, (4) membaca ragam sepintas, (5) membaca ragam belajar.

KESIMPULAN
Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa IQ kreatif anak harus sangat diperhatikan oleh para orang tua, karena akan menentukan kesuksesan si anak pada nantinya. Kegiatan membaca diterapkan kepada anak agar kreativitasnya meningkat, dapat dilakukan dengan cara membimbing anak agar mencermati suatu bacaan untuk menemukan cara-cara tertentu guna mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi.
SARAN
Para orang tua seharusnya menanamkan budaya membaca kepada anak-anaknya sejak dari dini. Karena, daya pikir anak selalu berkembang dari mulai kecil sampai dewasa, dan dengan membaca pelajaran yang mereka dapat dari buku tersebut akan terus teringat oleh seseorang.
DAFTAR PUSTAKA
The Liang Gie. 2000. Cara Belajar yang Baik Bagi Mahasiswa. Edisi Kedua. Cet.I. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Campbell, David. 1986. Mengembangkan Kreativitas. Disadur oleh A.M. Mangunhardjana. Yogyakarta: Kanisius.

dosen : dirgantara wicaksono 
mata kuliah : pengemabngan pembelajaran PKN sd  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar