MENINGKATKAN
IQ ANAK MELALUI MEMBACA
ABSTRAK
Penulisan ini bertujuan untuk : 1) mengetahui IQ kreatif anak melalui
membaca, 2) mengetahui mengapa perlu meningkatkan IQ kreatif anak, 3)mengetahui
mengapa membaca merupakan cara meningkatkan IQ anak, 4) mengetahui cara – cara
membaca yang bik yang dapat meningkatkan IQ kreatif anak. Melalui pengkayaan
membaca, menjadikan daya pikir (IQ) kita meningkat karena masukan tambahan
informasi, pengetahuan yang meningkatkan kreatifitas karena memori anak
bertambah. Membaca ini tidak hanya membaca buku pelajaran saja, akan tetapi
membaca semua buku yang ada seperti : komi, majalah, Koran. Karena dengan
membaca berbagai jenis buku bacaan itu, wawasan anak akan lebih berkembang.
Kata
kunci : IQ Kreatif
PENDAHULUAN
Pada tataran kehidupan saat ini untuk bisa
hidup survival diperlukan kecerdasan dan kreativitas yang tinggi. anak yang
memiliki kecerdasan (kognitif) yang tinggi, tetapi kurang atau tidak kreatif
tidaklah menjamin hidupnya kelak akan sukses menumbuhkan kreatifitas pada diri
individu anak tidak dapat dilakukan secara merta-merta. Orang yang mempunyai IQ
kreatif tinggi sering disebut creator. Ciri-ciri orang mempunyai adalah selalu
mempunyai rasa ingin tahu, ingin mencoba-coba, suka bertualang, suka
bermain-main, serta intutif.
Keterampilan membaca merupakan keterampilan
belajar pertama dan utama yang harus dikuasai seorang pelajar, termasuk
anak-anak. Keampuhan membaca dapat kita rasakan dengan berkobarnya gagsan dan
upaya kreatif setelah seseorang selesai membaca. Banyak sekali manfaat membaca
yang akan membuat anak mengalami kemajuan di segala bidang, termasuk
kreatifitasnya untuk itu, orang tua unggul perlu menciptakan kondisi anak
menjadi gemar membaca. Agar IQ kreatif anak menjadi meningkat melalui membaca.
Sebab, anak merupakan generasi penerus
sebagai tumpuan, keluarga, bangsa dan Negara.
METODE
Dalam penulisan artikel ini, metode yang
digunakan adalah studi pustaka. Yaitu teknik pengumpulan data dengan mengadakan
studi penelaahan terhadap buku-buku, litertur-litertu, catatan-catatan yang ada
hubungannya dengan masalah yang dipecahkan.
HASIL
DAN PEMBAHASAN
IQ adalah hasil pengukuran tingkat kecerdasan
seseorang . menurut pakar bidang bidang sains dan teknologi, tingkat kecerdasan
dan kreativitas yang tinggi pada seseorang menjadi modal utama untuk bisa
melakukan perekayasaan dan penguasaan teknologi. IQ lebih menekankan
tinjauannya pada objek-objek diluar diri manusia.
Kreatifitas merupakan
Kecerdasan termasuk kecerdasan kreatif (IQ
kreatif) penting diperhatikan mengingatkan peranannya yang sangat menentukan
bagi kesuksesan seseorang. Sebetulnya kegiatan membaca tidak dapat dipisahkan
dari kegiatan belajar. Dalam benak orang, keterampilan membaca merupakan
keterampilan belajar yang pertama dan utama yang harus dikuasai. Untuk itum
orang tua yang berkehendak meningkatkan IQ kreatif anaknya membimbing dan
mengondisikan anaknya untuk menjadikan belajar dan membaca sebagai kebiasaan.
Sebab, belajar dan membaca dapat dikatakan sebagai pintu gerbang dalam
pencapaian IQ kreatif yang tinggi.
Membaca merupakan kegiatan belajar seseorang
yang paling banyak memakan waktu dan memerlukan pemikiran sepenuhnya. The Liang
Gie (2000) menekankan kepada setiap pelajar agar membudayakan membaca semua
buku yang baik tanpa kecuali. Menurutnya, hal itu akan berguna walau ia sudah
lulus dan terjun ke tengah-tengah kehidupan masyarakat. Menurut (The LiangGie,
2000; Ayan, 2002) disebutkan ada lima gaya membaca yang dapat dilakukan
seseorang yaitu : (1) membaca secara ngemil, (2) membaca secara mendalam, (3)
membaca ragam hiburan, (4) membaca ragam sepintas, (5) membaca ragam belajar.
KESIMPULAN
Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan
bahwa IQ kreatif anak harus sangat diperhatikan oleh para orang tua, karena
akan menentukan kesuksesan si anak pada nantinya. Kegiatan membaca diterapkan
kepada anak agar kreativitasnya meningkat, dapat dilakukan dengan cara
membimbing anak agar mencermati suatu bacaan untuk menemukan cara-cara tertentu
guna mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi.
SARAN
Para orang tua seharusnya menanamkan budaya
membaca kepada anak-anaknya sejak dari dini. Karena, daya pikir anak selalu
berkembang dari mulai kecil sampai dewasa, dan dengan membaca pelajaran yang
mereka dapat dari buku tersebut akan terus teringat oleh seseorang.
DAFTAR PUSTAKA
The Liang Gie. 2000. Cara Belajar yang Baik Bagi Mahasiswa. Edisi Kedua. Cet.I.
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Campbell, David. 1986. Mengembangkan Kreativitas. Disadur oleh A.M. Mangunhardjana.
Yogyakarta: Kanisius.
dosen : dirgantara wicaksono
mata kuliah : pengemabngan pembelajaran PKN sd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar