BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Institusi
sekolah kita dewasa ini berorientasi melahirkan individu yang berguna bagi
dirinya sendiri dan masyarakatnya. Artinya Individu disiapkan untuk fungsi
ekonominya saja didalam dunia yang berfokuskan kebendaan. Masyarakat pula
ironinya pada saat ini meletakkan tolak ukur kesuksesan pendidikan seseorang
semata-mata dengan hanya dengan kekayaan dan kedudukan yang mampu diraihnya
saja. Maka sebagai konsekuensi logisnya lahirlah generasi / masyarakat yang
yang sangat invidualis yang mementingkan kehidupan dunia, sementara moral dan
akhlaknya runtuh. Individu yang kaya secara duniawi tetapi tidak memahami dan
lupa akan hakikat dan tujuan hidup yang sebenarnya dikehendaki oleh Allah SWT
sang Pencipta.
1.2 Rumusan Masalah
Adapun masalah yang berkaitan dengan
Sekolah-sekolah unggulan :
a.
Mengetahui latar belakang sekolah Jakarta Islamic School
b.
Mengetahui sejarah sekolah Jakarta Islamic School
c.
Mengetahui kurikulum sekolah Jakarta Islamic School
d.
Mengetahui visi sekolah Jakarta Islamic School
2
BAB II
PEMBAHASAN
Sekolah Jakarta
Islamic School
1.Latar
belakang Jakarta Islamic School
Allah SWT telah
memberikan Islam sebagai agama sempurna. Islam sebenarnya telah mengajarkan
kepada kita tentang tolak ukur kesuksesan yang sesungguhnya, yaitu manakala
individu berhasil masuk kedalam syurga-Nya di akhirat kelak karena individu
tersebut sukses dalam menjalankan misinya sebagai khalifah (pemimpin) di dunia. Dengan perkataan
lain bahwa pendidikan yang sukses menurut Islam adalah mampu melahirkan
individu yang menjadi pemimpin di dunia (baik dalam bidang ekonomi, ilmu
pengetahuan, serta sosial dan budaya/ peradaban) namun pada saat yang bersamaan
faham betul bahwa itu semua merupakan bentuk pengabdian kepada Allah sebagai
bekal yang akan dibawa ke kehidupan yang abadi di akhirat kelak.
Untuk itu pendiri
JISc mencermati kepincangan yang ada dalam realitas pendidikan yang dimiliki
kaum muslimin saat ini. Di satu sisi sekolah unggul secara duniawi tetapi
runtuh moralnya dan disisi lain berorientasi akhirat tetapi tidak mampu
menghasilkan individu yang mampu bersaing untuk memimpin di dunia disegala bidang
secara global.
Untuk itulah JJSc
bertekad untuk menghadirkan sekolah unggulan yang mampu melahirkan manusia
sukses menurut versi Allah SWT. Namun kami menyadari bahwa ikhtiarini bukanlah mudah. Oleh
karena itu dukungan dari para muslimin khususnya orang tua sangat dibutuhkan
untuk menggapai cita-cita mulia kami sebagai sumbangan kecil kita terhadap
pelahiran kembali generasi Islam yang unggul dimasa depan. Terima kasih atas
dukungan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada semua pihak selama ini, semoga
Allah memberi ganjaran kebajikan yang berlipat ganda. Amiin ya Robbal 'alamin.
3
2.Sejarah
Jakarta Islamic School
Sekolah Jakarta Islamic
school didirikan pada mei 2003 untuk menghdirkan pendidikan yang baik. Sekolah
ini menawarkan kualitas yang unik dan
terpadu (Internasional dan Kurikulum Nasional, dicampuri oleh nilai-nilai
islam) pendidikan dari pra-sekolah, tingkat sekolah dasar, menengah, dan
tinggi. Sekolah dengan pendidikan terbaik ini terletak dijantung Jakarta
sekitar Bandara Halim Perdanakusuma Timur.
Jakarta Islamic School adalah :
1. Jakarta
Islamic School adalah sebuah sekolah swasta yang mandiri untuk pendidikan
terbaik.
2. Jakarta
Islamic School terdaftar dengan Departement Pendidikan Indonesia sebagai
Sekolah Nasional Plus.
3.
Jakarta Islamic School terdaftar untuk
menawarkan program dari tahun ke tahun ke 12 persiapan.
4. Jakarta
Islamic School memiliki akreditasi “A” status untuk tingkat dasar dan menengah.
5. Jakarta
Islamic School menawarkan kurikulum IGCSE
Jakarta Islamic School
(JISc) berdiri menjawab tantangan dunia pendidikan di
Indonesia, sudah banyak sekolah yang menerapkan kurikulum internasional,
tetapi sangat kurang sekali wawasan dan pemahaman keIslamannya, juga sudah
banyak sekali sekolah-sekolah yang menekankan ke-Islam-an tapi belum memiliki
kurikulum internasional (masih berskala lokal), dengan lahirnya JISc diharapkan
bisa memenuhi dahaga orang tua yang menginginkan anaknya memiliki wawasan
global, berahlak Islami, dan tidak melupakan jati dirinya sebagai bangsa
Indonesia.
Pada awal JISc berdiri
jumlah siswa ada 180 anak, yang terdiri dari Playgroup, TK dan SD yang
berlokasi di jalan Inspeksi No. 41 A Pangkalan Jati. Sekolahnya sangat amat sederhana,
bahkan ada orang tua siswa yang mencibir sekolah dengan sebutan "kandang
kerbau". Tapi dengan ketekunan dan usaha Mdm.
4
Proklawati Jubilea
(mam Fifi) dan guru-guru, banyak orang tua yang percaya, karena banyak perubahan
yang dialami oleh anak-anaknya terutama dalam kemampuan agama dan bahasa
Inggrisnya, sehingga secara tidak langsung mereka telah menjadi marketing JISc
dan mengajak teman serta tetangganya untuk masuk di JISc. Hal itu bisa dilihat
dari peningkatan jumlah siswa di tahun berikutnya berjumlah 280 orang, yang
terdiri dari Playgroup, TK dan SD.
Di tahun ketiga
berdiri, kepercayaan masyarakat akan keberadaan JISc semakin tinggi. Hal itu
dibuktikan dengan banyaknya permintaan untuk mendirikan JISc dekat wilayah
mereka. Dan banyaknya jumlah siswa baru yang mendaftar di JISc. Di tahun
ini pula, JISc membuka beberapa cabang, yaitu di Joglo, Jakarta Barat,
dan boy boarding school di Bogor. Jumlah siswa diseluruh cabang sampai
tahun ini almost 2000 siswa.
3.Kurikulum Jakarta Islamic School
Pada
awalnya pembelajaran JISc diformulasikan dan hasil pengalaman belajar dan
mengajar pendirinya di luar negeri, dan penggabungan beberapa metode yang
diambil dari negara Malaysia, Australia dan Singapore. Buku-buku dari ketiga
negara tersebutlah yang menjadi sumber dan bahan pengajaran yang biasa disebut
International Curriculum. Dengan menggabungkan pelajaran keIslaman dan
memasukan nilai-nilai Islami pada setiap mata pelajaran maka JISc
disebut Sekolah Islam Internasional.
Dengan kurikulum yang ada
tersebut, animo masyarakat sangat tinggi, dan pengharapan masyarakat terhadap
JISc sebagai Sekolah Islam International sangat luar biasa. Hal itu tidak
menyebabkan pendirinya merasa puas bahkan terus mencari dan memacu untuk mencari
The True International Islamic School. Dalam pencarian konsep tersebut, pendiri
JISc telah mencari kemana-mana dan dalam perjalanannya JISc pernah
bersinggungan denganKhalifah Institute yang
mempertajam misinya, dari sekedar "membentuk generasi Rabbani yang
berwawasan Internasional, berahlaq Islami dan tetap memiliki jati diri sebagai
bangsa Indonesia" menjadi "membentuk Khalifah yang berwawasan
International, berahlak Islami dan tetap memiliki Jati diri sebagai Bangsa
Indonesia"
5
Pembangunan
karakter di Jakarta Islamic School untuk Pendidikan Terbaik
Prestasi
akademik sesuai dengan standar internasional dan islam percya dan praktek,
tidak akan sempurna tanpa kehidupan (kepemimpinan) keterampilan. Sebagai Jakarta Islamic School percaya bahwa hidup
(kepemimpinan) keterampilan merupakan kompetensi wajib bahwa setiap individu
yang harus memiliki pendidikan terbaik. Seorang individu akan menjadi pemimpin
dalam komunitas terkecil yaitu keluarga, dan untuk beberapa orang berbakat akan
menjadi pemimpin dalam masyarakat muslim. Oleh karena itu keterampilan hidup
dan kepemimpinan adalah sesuatu yang harus bagi mereka untuk dilengkapi. Dalam
fitur ini, siswa akan dilatih konsep dasar life skill. Kepemimpinan dan
keterampilan berpikir umtuk pendidikan terbaik. Ini akan membuat mereka mampu
bersikap kritis, kreatif dan bertindak cepat dan sesuai untuk situasi tertentu.
Kelas
kecil (jumlah siswa/kelas kecil) di Jakarta Islamic School
Konsep kelas kecil diterapkan untuk memastikan efektifitas menjalankan pelajaran yang dicapai. Islamic Jakarta School guru yang baik dan pendekatan yang baik akan kurang baik jika rasio guru terhadap siswa besar. Arti teavcher akan kurang mengenali setiap individu / murid-muridnya dan akhirnya akan menurunkan tingkat penerapan pelajaran. 12 sampai 16 siswa dalam satu kelas oleh satu guru utama dan dalam beberapa mata pelajaran yang sulit guru disertai dengan asisten.
4.Visi Jakarta Islamic School
To Build Khalifah ( Future Leaders in the World) who has International Vision & Insight; Islamic values & behaviour and Nationalism Spirit of Indonesia.
Membentuk Khalifah (Pemimpin
Dunia) yang mempunyai visi & wawasan Internasional; memiliki keyakinan atas
prinsip-prinsip & akhlak Islami serta tetap memelihara Jati Diri sebagai
Bangsa Indonesia.
guru dengan
pendidikan yng baik.
6
BAB III
PENUTUP
A . Kesimpulan
Sekolah Jakarta Islamic
school didirikan pada mei 2003 untuk menghdirkan pendidikan yang baik. Sekolah
ini menawarkan kualitas yang unik dan
terpadu (Internasional dan Kurikulum Nasional, dicampuri oleh nilai-nilai
islam) pendidikan dari pra-sekolah, tingkat sekolah dasar, menengah, dan
tinggi. Sekolah dengan pendidikan terbaik ini terletak dijantung Jakarta
sekitar Bandara Halim Perdanakusuma Timur.
Sekolah Jakarta Islamic
school didirikan pada mei 2003 untuk menghdirkan pendidikan yang baik. Sekolah
ini menawarkan kualitas yang unik dan
terpadu (Internasional dan Kurikulum Nasional, dicampuri oleh nilai-nilai
islam) pendidikan dari pra-sekolah, tingkat sekolah dasar, menengah, dan
tinggi. Sekolah dengan pendidikan terbaik ini terletak dijantung Jakarta
sekitar Bandara Halim Perdanakusuma Timur.
B . Saran
Alangkah
luas ilmu allah jika lautan dijadikan tinta, dan seluruh tumbuhan yang ada di
muka bumi ini dijadikan pena, maka tidak akan cukup untuk menuliskannya. Itulah
ilmu Allah.
Beberapa
referensi , suber telah kami kumpulkan dan kami jadikan bahan dalam penyusunan
makalah ini. Akan tetapi, kekurangan sudah menjadi barang tentu. Karenaa ini
hanyalah sedikit dari ilmu Allah
dosen : dirgantara wicaksono
mata kuliah : pengembangan pembelajaran di SD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar