Rabu, 03 Juni 2015

makalah sekolah unggulan


BAB I
 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Institusi sekolah kita dewasa ini berorientasi melahirkan individu yang berguna bagi dirinya sendiri dan masyarakatnya. Artinya Individu disiapkan untuk fungsi ekonominya saja didalam dunia yang berfokuskan kebendaan. Masyarakat pula ironinya pada saat ini meletakkan tolak ukur kesuksesan pendidikan seseorang semata-mata dengan hanya dengan kekayaan dan kedudukan yang mampu diraihnya saja. Maka sebagai konsekuensi logisnya lahirlah generasi / masyarakat yang yang sangat invidualis yang mementingkan kehidupan dunia, sementara moral dan akhlaknya runtuh. Individu yang kaya secara duniawi tetapi tidak memahami dan lupa akan hakikat dan tujuan hidup yang sebenarnya dikehendaki oleh Allah SWT sang Pencipta.
1.2 Rumusan Masalah
 Adapun masalah yang berkaitan dengan Sekolah-sekolah unggulan :
a.     Mengetahui latar belakang sekolah Jakarta Islamic School
b.     Mengetahui sejarah sekolah Jakarta Islamic School
c.      Mengetahui kurikulum sekolah Jakarta Islamic School
d.     Mengetahui visi sekolah Jakarta Islamic School



2
BAB II
PEMBAHASAN
Sekolah Jakarta Islamic School

1.Latar belakang Jakarta Islamic School
    Allah SWT telah memberikan Islam sebagai agama sempurna. Islam sebenarnya telah mengajarkan kepada kita tentang tolak ukur kesuksesan yang sesungguhnya, yaitu manakala individu berhasil masuk kedalam syurga-Nya di akhirat kelak karena individu tersebut sukses dalam menjalankan misinya sebagai khalifah (pemimpin) di dunia. Dengan perkataan lain bahwa pendidikan yang sukses menurut Islam adalah mampu melahirkan individu yang menjadi pemimpin di dunia (baik dalam bidang ekonomi, ilmu pengetahuan, serta sosial dan budaya/ peradaban) namun pada saat yang bersamaan faham betul bahwa itu semua merupakan bentuk pengabdian kepada Allah sebagai bekal yang akan dibawa ke kehidupan yang abadi di akhirat kelak.
    Untuk itu pendiri JISc mencermati kepincangan yang ada dalam realitas pendidikan yang dimiliki kaum muslimin saat ini. Di satu sisi sekolah unggul secara duniawi tetapi runtuh moralnya dan disisi lain berorientasi akhirat tetapi tidak mampu menghasilkan individu yang mampu bersaing untuk memimpin di dunia disegala bidang secara global.
    Untuk itulah JJSc bertekad untuk menghadirkan sekolah unggulan yang mampu melahirkan manusia sukses menurut versi Allah SWT. Namun kami menyadari bahwa ikhtiarini bukanlah mudah. Oleh karena itu dukungan dari para muslimin khususnya orang tua sangat dibutuhkan untuk menggapai cita-cita mulia kami sebagai sumbangan kecil kita terhadap pelahiran kembali generasi Islam yang unggul dimasa depan. Terima kasih atas dukungan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada semua pihak selama ini, semoga Allah memberi ganjaran kebajikan yang berlipat ganda. Amiin ya Robbal 'alamin.



                                                                                                                   3
2.Sejarah Jakarta Islamic School
 Sekolah Jakarta Islamic school didirikan pada mei 2003 untuk menghdirkan pendidikan yang baik. Sekolah ini menawarkan kualitas yang unik  dan terpadu (Internasional dan Kurikulum Nasional, dicampuri oleh nilai-nilai islam) pendidikan dari pra-sekolah, tingkat sekolah dasar, menengah, dan tinggi. Sekolah dengan pendidikan terbaik ini terletak dijantung Jakarta sekitar Bandara Halim Perdanakusuma Timur.
Jakarta Islamic School adalah :
1.     Jakarta Islamic School adalah sebuah sekolah swasta yang mandiri untuk pendidikan terbaik.
2.     Jakarta Islamic School terdaftar dengan Departement Pendidikan Indonesia sebagai Sekolah Nasional Plus.
3.     Jakarta Islamic School terdaftar untuk menawarkan program dari tahun ke tahun ke 12 persiapan.
4.     Jakarta Islamic School memiliki akreditasi “A” status untuk tingkat dasar dan menengah.
5.     Jakarta Islamic School menawarkan kurikulum IGCSE

Jakarta Islamic School (JISc) berdiri menjawab tantangan dunia pendidikan di Indonesia, sudah banyak sekolah yang menerapkan kurikulum internasional, tetapi sangat kurang sekali wawasan dan pemahaman keIslamannya, juga sudah banyak sekali sekolah-sekolah yang menekankan ke-Islam-an tapi belum memiliki kurikulum internasional (masih berskala lokal), dengan lahirnya JISc diharapkan bisa memenuhi dahaga orang tua yang menginginkan anaknya memiliki wawasan global, berahlak Islami, dan tidak melupakan jati dirinya sebagai bangsa Indonesia.
Pada awal JISc berdiri jumlah siswa ada 180 anak, yang terdiri dari Playgroup, TK dan SD yang berlokasi di jalan Inspeksi No. 41 A Pangkalan Jati. Sekolahnya sangat amat sederhana, bahkan ada orang tua siswa yang mencibir sekolah dengan sebutan "kandang kerbau". Tapi dengan ketekunan dan usaha Mdm.


                                                                                                                                                                                                                                 4
Proklawati Jubilea (mam Fifi) dan guru-guru, banyak orang tua yang percaya, karena banyak perubahan yang dialami oleh anak-anaknya terutama dalam kemampuan agama dan bahasa Inggrisnya, sehingga secara tidak langsung mereka telah menjadi marketing JISc dan mengajak teman serta tetangganya untuk masuk di JISc. Hal itu bisa dilihat dari peningkatan jumlah siswa di tahun berikutnya berjumlah 280 orang, yang terdiri dari Playgroup, TK dan SD.
Di tahun ketiga berdiri, kepercayaan masyarakat akan keberadaan JISc semakin tinggi. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya permintaan untuk mendirikan JISc dekat wilayah mereka. Dan banyaknya jumlah siswa baru yang mendaftar di JISc. Di tahun ini pula, JISc membuka beberapa cabang, yaitu  di Joglo, Jakarta Barat, dan boy boarding school di Bogor. Jumlah siswa diseluruh cabang sampai tahun ini almost 2000 siswa.
3.Kurikulum Jakarta Islamic School
                Pada awalnya pembelajaran JISc diformulasikan dan hasil pengalaman belajar dan mengajar pendirinya di luar negeri, dan penggabungan beberapa metode yang diambil dari negara Malaysia, Australia dan Singapore. Buku-buku dari ketiga negara tersebutlah yang menjadi sumber dan bahan pengajaran yang biasa disebut International Curriculum. Dengan menggabungkan pelajaran keIslaman dan memasukan nilai-nilai Islami pada setiap mata pelajaran maka JISc disebut Sekolah Islam Internasional.
Dengan kurikulum yang ada tersebut, animo masyarakat sangat tinggi, dan pengharapan masyarakat terhadap JISc sebagai Sekolah Islam International sangat luar biasa. Hal itu tidak menyebabkan pendirinya merasa puas bahkan terus mencari dan memacu untuk mencari The True International Islamic School. Dalam pencarian konsep tersebut, pendiri JISc telah mencari kemana-mana dan dalam perjalanannya JISc pernah bersinggungan denganKhalifah Institute yang mempertajam misinya, dari sekedar "membentuk generasi Rabbani yang berwawasan Internasional, berahlaq Islami dan tetap memiliki jati diri sebagai bangsa Indonesia" menjadi "membentuk Khalifah yang berwawasan International, berahlak Islami dan tetap memiliki Jati diri sebagai Bangsa Indonesia"



                                                                                                          5
Pembangunan karakter di Jakarta Islamic School untuk Pendidikan Terbaik
Prestasi akademik sesuai dengan standar internasional dan islam percya dan praktek, tidak akan sempurna tanpa kehidupan (kepemimpinan) keterampilan. Sebagai  Jakarta Islamic School percaya bahwa hidup (kepemimpinan) keterampilan merupakan kompetensi wajib bahwa setiap individu yang harus memiliki pendidikan terbaik. Seorang individu akan menjadi pemimpin dalam komunitas terkecil yaitu keluarga, dan untuk beberapa orang berbakat akan menjadi pemimpin dalam masyarakat muslim. Oleh karena itu keterampilan hidup dan kepemimpinan adalah sesuatu yang harus bagi mereka untuk dilengkapi. Dalam fitur ini, siswa akan dilatih konsep dasar life skill. Kepemimpinan dan keterampilan berpikir umtuk pendidikan terbaik. Ini akan membuat mereka mampu bersikap kritis, kreatif dan bertindak cepat dan sesuai untuk situasi tertentu.
Kelas kecil (jumlah siswa/kelas kecil) di Jakarta Islamic School

Konsep kelas kecil diterapkan untuk memastikan efektifitas menjalankan pelajaran yang dicapai. Islamic Jakarta School guru yang baik dan pendekatan yang baik akan kurang baik jika rasio guru terhadap siswa besar. Arti teavcher akan kurang mengenali setiap individu / murid-muridnya dan akhirnya akan menurunkan tingkat penerapan pelajaran. 12 sampai 16 siswa dalam satu kelas oleh satu guru utama dan dalam beberapa mata pelajaran yang sulit guru disertai dengan asisten.

4.Visi Jakarta Islamic School

To Build Khalifah ( Future Leaders in the World) who has International Vision & Insight; Islamic values & behaviour and Nationalism Spirit of Indonesia.

                Membentuk Khalifah (Pemimpin Dunia) yang mempunyai visi & wawasan Internasional; memiliki keyakinan atas prinsip-prinsip & akhlak Islami serta tetap memelihara Jati Diri sebagai Bangsa Indonesia.
 guru dengan pendidikan yng baik.


                                                                                                                                                6
BAB III
PENUTUP
A . Kesimpulan    
 Sekolah Jakarta Islamic school didirikan pada mei 2003 untuk menghdirkan pendidikan yang baik. Sekolah ini menawarkan kualitas yang unik  dan terpadu (Internasional dan Kurikulum Nasional, dicampuri oleh nilai-nilai islam) pendidikan dari pra-sekolah, tingkat sekolah dasar, menengah, dan tinggi. Sekolah dengan pendidikan terbaik ini terletak dijantung Jakarta sekitar Bandara Halim Perdanakusuma Timur.
                 Sekolah Jakarta Islamic school didirikan pada mei 2003 untuk menghdirkan pendidikan yang baik. Sekolah ini menawarkan kualitas yang unik  dan terpadu (Internasional dan Kurikulum Nasional, dicampuri oleh nilai-nilai islam) pendidikan dari pra-sekolah, tingkat sekolah dasar, menengah, dan tinggi. Sekolah dengan pendidikan terbaik ini terletak dijantung Jakarta sekitar Bandara Halim Perdanakusuma Timur.
B . Saran
Alangkah luas ilmu allah jika lautan dijadikan tinta, dan seluruh tumbuhan yang ada di muka bumi ini dijadikan pena, maka tidak akan cukup untuk menuliskannya. Itulah ilmu Allah.
Beberapa referensi , suber telah kami kumpulkan dan kami jadikan bahan dalam penyusunan makalah ini. Akan tetapi, kekurangan sudah menjadi barang tentu. Karenaa ini hanyalah sedikit dari ilmu Allah



dosen : dirgantara wicaksono 
mata kuliah : pengembangan pembelajaran di SD 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar